Rabu, 25 November 2020

Kamis, 30 Juli 2020

BAB II KELAS VIII MENGGAMBAR ILUSTRASI

BAB II KELAS VIII MENGGAMBAR ILUSTRASI

2020-07-30 12:03:32

Menggambar Ilustasi Bab Seni Rupa

  Bersama kembali dengan harmoni seni, di artikel kali ini kita akan membahas yang mengenai tentang 'Menggambar Ilustrasi'. Sebagai pelajar, kalian akan menemukan pokok bahasan materi ini pada jenjang SMP kelas 8 di semester 1. Mungkin dari kalian ada yang belum sepenuhnya paham akan materinya, jadi kita akan membahasnya lagi agar mantap! Berikut alur pembelajarannya.

   Setiap kita membaca buku, majalah, novel, dan cerita yang sejenisnya sering menemukan gambar yang menyertainya. Gambar ini disebut dengan ilustrasi. Gambar ilustrasi salah satu fungsinya adalah untuk memperjelas maksud dan makna cerita melalui bahasa visual.

 

 

Menggambar Ilustrasi

A. Pengertian dan Konsep Dasar

   Ilustrasi adalah gambar yang memperjelas ide cerita atau narasi. Tujuan dari gambar ilustrasi adalah memperkuat, memperjelas, memperindah, mempertegas, dan memperkaya cerita atau narasi. Fungsi dari gambar ilustrasi dapat juga dimanfaatkan untuk menghidupkan sebuah cerita. Gambar ilustrasi yang baik adalah ilustrasi yang dapat merangsang dan membantu pembaca untuk berimajinasi tentang cerita, ilustrasi sangat membantu mengembangkan imajinasi dalam memahami narasi.

 

B. Objek Gambar

 Objek gambar ilustrasi dapat berupa gambar manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Gambar-gambar tersebut dapat berdiri sendiri atau gabungan dari berbagai macam objek yang berbeda. Objek gambar disesuaikan dengan tema cerita atau narasi yang di buat.

 

  Gambar ilustrasi dapat dibuat dalam bentuk cerita bergambar, karikatur, kartun, komik dan ilustrasi karya sastra berupa puisi atau sajak. Gambar ilustrasi dapat diberi berwarna atau hitam putih saja. Pembuatan gambar ilustrasi dapat dilakukan dengan cara manual maupun dengan menggunakan teknologi digital.


C. Jenis-jenis Gambar Ilustrasi
   Gambar ilustrasi dapat dibuat dalam bentuk cerita bergambar, karikatur, kartun, komik, dan ilustrasi karya sastra berupa puisi atau sajak. Berikut penjelasan tiap jenis-jenis gambar ilustrasi.
1. Kartun

  Bentuk kartun dapat berupa tokoh manusia maupun hewan berisi cerita-cerita humor dan bersifat menghibur. Indonesia memiliki beberapa tokoh kartun seperti, Gareng, Petruk, Bagong. dan sebagainya. Penampilan gambar kartun dapat dilihat dalam bentuk hitam putih maupun berwarna.

2. Karikatur

  Gambar karikatur menampilkan karakter yang dilebih-lebihkan, lucu, unik, terkadang mengandung kritikan dan sindiran. Objek gambar karikatur dapat diambil dari tokoh manusia maupun hewan. Tak hanya itu, biasanya gambar karikatur sering dijadikan sebagai meme.

3. Komik

   Gambar ilustrasi dalam bentuk komik terdiri dari rangkaian gambar yang saling melengkapi dan memiliki alur cerita. Bentuk komik dapat berupa buku maupun lembaran gambar singkat (comic strip).

4. Karya Sastra

   Karya sastra berupa cerita pendek, puisi, sajak, akan nampak lebih menarik minat orang membacanya apabila disertai dengan gambar ilustrasi. Fungsi gambar ilustrasi disini bertujuan memberikan penguatan dan mempertegas isi atau narasi pada materinya.

5. Vignette

   Sebagai pengisi dari sebuah cerita atau narasi dapat disisipkan gambar ilustrasi berupa vignette. Vignette adalah gambar ilustrasi berbentuk dekoratif yang berfungsi sebagai pengisi bidang kosong pada kertas narasi.

D. Bentuk Objek Gambar Ilustrasi
   Seperti yang sudah kita ketahui, gambar ilustrasi dapat dibuat dalam berbagai jenis bentuknya. Tetapi tahukah kalian bentuk objek apa saja yang dapat digunakan untuk menggambar ilustrasi ? Bentuk objek yang dapat kalian gunakan adalah apa saja yang ada di sekitar kita, baik berupa benda hidup dan tak hidup.
1. Manusia

   Tokoh manusia memiliki proporsi yang berbeda sehingga pada saat menggambar kita perlu memperhatikan karakter dan memahami anatominya, agar telihat lebih wajar dan tidak terkesan kaku.
2. Tumbuhan

  Tumbuhan dalam gambar ilustrasi dibuat dengan cara disederhanakan atau digambar detailnya. Kalian juga diperbolehkan hanya menggambar beberapa bagiannya saja, tidak secara keseluruhan. Akan tetapi gambar ilustrasi kalian haruslah jelas.
3. Hewan

  Tokoh hewan juga memiliki proporsi dan anatomi yang berbeda. Jenis dan bentuk binatang dapat dikelompokkan menjadi binatang darat, udara, dan air. harus masing-masing binatangnya harus dijelaskan.

E. Teknik Menggambar Ilustrasi (& Alat Bahannya)

     Ada beberapa teknik yang dapat kalian pelajari/gunakan dalam menggambar ilustrasi. Diantara teknik-teknik itu adalah teknik kering dan teknik basah. Berikut ini penjelasan selengkapnya:
1. Teknik Kering
  Menggambar ilustrasi dengan teknik kering yaitu, tidak perlu menggunakan pengencer air atau minyak. Ilustrasi dibuat langsung pada bidang dua dimensi berupa kertas gambar kemudian dibuat sketsa untuk selanjutnya diberi aksen garis atau warna sesuai dengan media kering yang digunakan. Alat dan Bahan yang digunakan adalah
- Pensil / Pulpen
- Arang
- Krayon
2. Teknik Basah
   Media yang digunakan untuk teknik basah antara lain seperti, cat air, cat minyak, tinta, atau media lain yang memerlukan air atau minyak sebagai pengencer. Ilustrasi dibuat dengan cara membuat sketsa pada bidang gambar dua dimensi berupa kertas atau kanvas kemudian diberi warna sesuai dengan media basah yang sudah ditentukan.

F. Cara Menggambar Ilustrasi

Beberapa tahapan dalam menggambar ilustrasi adalah sebagai berikut :
1. Menentukan tema gambar berdasarkan cerita atau narasi.
2. Menentukan jenis gambar ilustrasi yang akan dibuat.
3. Menentukan irama, komposisi, proporsi, keseimbangan, dan kesatuan pada objek gambar. 
4. Menggambar sketsa global yang disesuaikan dengan cerita atau narasi.
5. Memberikan arsiran atau warna pada objek gambar sesuai karakter cerita.

G. Rangkuman
 Ilustrasi adalah salah satu jenis kegiatan menggambar yang membutuhkan keterampilan menggambar bentuk. Bentuk yang digambar harus dapat memperjelas, mempertegas dan memperindah isi cerita atau narasi yang menjadi tema gambar. Garis, bentuk, dan pemberian warna disesuaikan dengan keseimbangan, komposisi, proporsi, dan kesatuan antara gambar dan narasi.