Rabu, 25 November 2020

Kamis, 30 Juli 2020

Bab 1 Menggambar Model

Menggambar Model

2020-07-30 12:04:04


Menggambar Model Bab Seni Rupa.

  Halo sahabat harmoni seni, senang bertemu kembali dengan kalian. Kali ini kita akan belajar dengan tema 'Menggambar Model'. Kalian dapat menemukan tema tersebut saat kalian berada di bangku SMP kelas 8 Semester 1. Oke, saya akan mengenalkan dahulu alur belajarnya ya! Bisa kalian lihat di bawah ini.

 

Menggambar Model

A. Pengertian dan Konsep Dasar

  Menggambar model adalah kegiatan yang diawali dengan menentukan objek model yang akan digambar. Objek gambar model dapat berupa hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia, dan kumpulan benda-benda yang disusun sesuai dengan komposisi, proporsi, keseimbangan, dan irama yang baik sehingga gambar memiliki satu kesatuan yang utuh. 

 

  Menggambar model merupakan salah satu teknik yang sering dilakukan oleh seorang perupa. Pada menggambar model diperlukan ketekunan dan ketelitian agar hasil yang dicapai sesuai dengan objek yang digambar. Semua objek baik benda mati maupun benda hidup dapat dijadikan sebagai model.

 

 

B. Prinsip-prinsip Menggambar Model

   Dalam menggambar model, kita harus mematuhi prinsip-prinsip yang ada, agar karya rupa yang kita hasilkan nanti dapat memberikan suatu sentuhan dalam hal keindahan serta kenyamanan saat melihatnya. Berikut ini prinsip-prinsip menggambar model yang harus anda ketahui:

1. Komposisi

  Komposisi merupakan cara kita mengatur dan menyusun objek gambar, warna objek gambar, jenis objek gambar, dan latar belakang gambar. Komposisi pada umumnya dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu: komposisi simetris, komposisi asimetris, dan komposisi sentral.

2. Proporsi

   Proporsi merupakan perbandingan yang ideal dan harmonis antara bagian-bagian yang menjadi objek gambar.

3. Keseimbangan 

   Keseimbangan adalah keselarasan antara bidang gambar, objek gambar, dan gambar yang dihasilkan. Keseimbangan hasil gambar model dapat diperoleh dengan cara membuat skala, memberi efek perspektif pada objek gambar dan sudut pandang penggambar.

4. Kesatuan 

   Kesatuan adalah keserasian dalam pengaturan objek gambar sehingga benda-benda yang diatur satu sama lain memiliki kesan ruang, kedalaman, dan antarobjek gambar saling mendukung sehingga akan menghasilkan gambar yang baik

 

C. Unsur-unsur dalam Menggambar Model

 

   Perlu juga diperhatikan bahwa menggambar model membutuhkan kemampuan dalam menggunakan unsur-unsur rupa seperti garis, bentuk, bidang, tekstur, gelap terang (pencahayaan). Pemahaman kita terhadap unsur-unsur rupa tersebut sangat membantu dalam menggambar model. Unsur-unsur rupa tersebut antara lain:

D. Media dan Alat untuk Menggambar Model

   Beberapa alat dan bahan yang dapat digunakan dalam menggambar model dapat di jumpai dalam berbagai ukuran dan jenis barang seperti:

  1. Pensil
  2. Penghapus
  3. Kertas
  4. Pensil Warna
  5. Krayon
  6. Penggaris
  7. Cat Air

E. Teknik-teknik Menggambar Model

  Banyak teknik yang dapat kalian gunakan dalam menggambar model. Pada artikel ini, saya hanya akan memberitahukan 5 teknik umum yang sering dipakai dalam menggambar model. Teknik-teknik tersebut antara lain:

1. Teknik ARSIR

  Teknik mengambar arsir lebih menekankan pada kekauatan garis (stroke). Dilakukan berulang-ulang secara sejajar maupun tumpang berpotongan, hal ini dilakukan untuk memberikan kesan gelap. 

2. Teknik DUSSEL (GOSOK)

   Teknik menggambar ini menggunakan bantuan kapas atau alat khusus yang berupa gulungan kertas (bentuknya mirip pensil), bahkan jari-jari kitapun dapat digunakan untuk teknik menggambar yang satu ini. 

3. Teknik BLOK (silhouette)

  Teknik ini lebih menekankan pada perwujudan karakter objek. Dengan hanya melihat silhuetnya saja kita bisa menebak bentuk dari objek tersebut.

4. Teknik TITIK (POINTILISME )

  Teknik menggambar ini menitikberatkan pada penggunaan titik (dot) untuk membentuk gambar. Kerapatan penyusunan titik-titik adalah untuk menentukan gelap terang dari suatu objek agar tampak pejal (kesan tiga dimensional).

5. Teknik  AQUAREL (TRANSPARAN)

   Teknik menggambar ini menggunakan media basah agar supaya menghasilkan warna yang transparan.

 

F. Cara Menggambar Model

1. Mempersiapkan objek gambar model (contoh: alam benda) yang akan digambar.

2. Mulailah membuat sketsa, yaitu menggambar bentuk global dengan memperhatikan proporsi, bentuk, objek yang digambar.

3. Berikan kesan gelap terang pada setiap bagian objek dengan menggunakan arsiran sampai terlihat perbedaannya.

4. Buatlah detail pada setiap objek.

5. Perjelas setiap bagian objek dengan warna yang sesuai model.

6. Penyelesaian akhir gambar dilakukan dengan penjelasan gambar sesuai dengan karakter objek masing-masing benda yang digambar.

 

G. Rangkuman/Kesimpulan

   Menggambar model adalah kegiatan menggambar yang menggunakan model sebagai objek gambarnya. Objek gambar model dapat berupa tumbuh-tumbuhan, hewan, manusia, dan benda-benda. Setiap model gambar memiliki bentuk dan karakter yang berbedabeda. Proses menggambar model sebaiknya dimulai dengan bentuk-bentuk global untuk mempermudah penyelesaian gambar terutama dalam menentukan komposisi, bentuk objek, dan penguasaan bidang gambar